Sabtu, 05 November 2011

MATERI TALKSHOW oleh AKBP. Adi Suhariyono, Psi

Materi ini sebetulnya bagian dari Reuni Perak, namun untuk memulai terisinya menu artikel maka materi ini dimasukkan ke menu saran + artikel. Semoga selanjutnya menu ini terisi terus dengan pemikiran segar rekan-rekan 86 tanpa terkecuali.

Talkshow dalam rangka Reuni Perak dengan tema "The sky is your Limit, The Character will define who are" diisi oleh beberapa nara sumber, salah satunya adalah AKBP. Adi Suhariyono, Psi., atau biasa dipanggil Adi. Thanks to Adi yang sudah meluangkan waktunya untuk membuat ringkasan ini. Berikut adalah ringkasan materi yang dibawakan oleh Adi: 

"KARIR PSIKOLOG DI KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA"

Skema Saya ketika menyampaikan materi dalam forum Talkshow Reuni Perak Angkatan 86 Fakultas Psikologi UGM” di hadapan adik-adik mahasiswa/i sebenarnya hanyalah memberikan gambaran tentang prospek karir psikologi di lembaga kepolisian. Asumsi Saya, para mahasiswa/i umumnya luput mengetahui, dan kalaupun sedikit tahu, cenderung kurang tertarik berkarir di kepolisian.

Saya memahami sepenuhnya kondisi itu. Mengutip tagline salah satu TV swasta, Saya sifatnya hanyalah mengabarkan. Titik. Selanjutnya.....terserah Anda....!!


Sebagaimana pengalaman personal Saya, dulu pun awalnya tidak ada niatan masuk menjadi anggota ABRI/Polri. Hanya saja ketika suatu sore selepas jogging keliling kampus Saya melihat poster tentang Penerimaan Perwira Beasiswa ABRI/Polri, maka muncul pertimbangan khusus dalam diri Saya untuk mencobanya. Key word-nya adalah BEASISWA.  

Selepas lolos seleksi, dilanjutkan mengikuti pendidikan militer yang dipusatkan di Komando Pendidikan Angkatan Laut (Kodikal) Surabaya hingga dilantik menjadi Perwira Pertama sesuai penjurusan matra. Dari Psikologi Angkatan 86 yang berhasil dilantik adalah Saya sendiri, Sapto Yuwono, R. Sajarwo Saputro, dan Dwi Kristini. Keempatnya masuk matra kepolisian.

Pada kenyataannya memang terasa terbantu sekali dengan dukungan beasiswa tersebut.   Gaji sebagai Perwira Polri juga diterima setiap bulan.  Termasuk dukungan dana penyusunan skripsi pun dipenuhi. Itulah histori kami di tahun 1990-an.......

Adapun di masa sekarang pola penyediaan tenaga psikologi di kepolisian adalah dengan menghantarkan staf psikologi Polri yang sudah berjenjang S1 Psikologi hasil didikan dari Program Ekstensi Psikologi UI, untuk mengambil S2 Magister Profesi Psikologi. Agar alumni S2 Magister Profesi Psikologi di kepolisian beragam maka ada yang diarahkan ke UI, UNPAD dan UGM.  

Upaya lain adalah dengan diselenggarakannnya seleksi penerimaan untuk Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS).  Khusus dari psikologi disyaratkan yang sudah berjenjang S2 Magister Profesi Psikologi.

Pola pembinaan karier di kepolisian setelah selesai mengikuti pendidikan pembentukan Polri, diawali dengan pembekalan dan orientasi penugasan di Biro Psikologi Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri. Penugasan berikut adalah disebar ke polda-polda di seluruh Indonesia guna mengemban fungsi psikologi hingga jenjang Perwira Menengah.  

Seiring dengan pendidikan pengembangan Polri yang dapat ditempuh, baik itu Sekolah Staf dan Pimpinan level pertama, menengah. maupun tinggi, maka jenjang karier berikutnya adalah mengawaki di Biro Psikologi SSDM Polri di Jakarta. 

Formasi jabatan struktural di Biro Psikologi SSDM Polri meliputi:
  • Kepala Biro Psikologi (Brigadir Jenderal Polisi)
  • Kepala Bagian Psikologi Personel (Komisaris Besar Polisi)
  • Kepala Bagian Psikologi Kepolisian (Komisaris Besar Polisi)
  • Kepala Bagian Laboratorium Psikologi (Komisaris Besar Polisi)
  • Psikolog Utama Polri (Komisaris Besar Polisi).  

Sebagai informasi,  pejabat yang pernah menduduki posisi struktural tertinggi di psikologi Polri yang merupakan Alumni Psikologi UGM adalah Brigjen. Pol. (Purn) Drs. Arief Wangsa dan Brigjen. Pol. (Purn) Drs. Rahadi Sudarsono, M.Si.

Secara umum deskripsi tugas di Psikologi Polri meliputi Psikologi Personel menangani seleksi, klasifikasi dan konsultasi; dan Psikologi Kepolisian yaitu memberikan dukungan tugas operasional Polri, seperti pemeriksaan dan penyusunan profil psikologis terhadap pihak yang terlibat kasus pidana baik saksi, korban maupun tersangka.

Demikian selayang pandang informasi tentang karir psikologi di kepolisian.  Sekali lagi saya sifatnya hanya mengabarkan. Namun, bila memang ada yang tertarik ingin mendapatkan informasi lebih lanjut.... - siapa tahu kelak ketika sedang merenung...tiba-tiba baru ngehh....tersentak dan tersadar......khususnya saat  adik-adik purna kuliah dan diwisuda........maka informasi lebih jelas dan terbaru dapat ditanyakan di Bagian Psikologi Biro SDM di setiap Polda......Biro Psikologi SSDM Polri di Jakarta... atau boleh kontak secara personal ke Saya.

Dijamin...kalau hanya tanya informasi...tidak bayar...alias gratis...tiis... :)

Terima kasih...dan sukses selalu yaa......

Medan, 3 - 11 - 2011.

AKBP. Adi Suhariyono, Psi
Kepala Bagian Psikologi Biro SDM
Polda Sumatera Utara.

5 Responses to “MATERI TALKSHOW oleh AKBP. Adi Suhariyono, Psi”

  • Anonim says:
    30 November 2011 pukul 07.24

    Enak betul ya pak. Kuliah dibayarin, kerja nggak susah nyari. Surga dunia betul ini.....

  • Unknown says:
    12 Desember 2011 pukul 14.10

    ... memang enak kok..termasuk dulu ketika badan di-engkuk2..disuruh lari, merayap, sampai dicemplungkan ke laut dengan mata tertutup..oleh para Marinir instruktur kami di Surabaya...waahhh nyamleng tenan...he2...

    ....tapi proses itu sangat mewarnai perkembangan dan pembentukan pribadi kami...sebagai Perwira ABRI saat itu ..hingga sekarang...

    Ketika lulus ujian Skripsi segera melaporkan diri ke Mabes ABRI..maka selesai prosesi wisuda... beberapa hari berikut sudah menyiapkan diri gabung ke induk organisasi kerja...pekerjaan sudah menanti...

    Trims yaa..n salam...
    Penulis
    adi

  • Unknown says:
    15 Januari 2013 pukul 05.48

    ijinkan saya untuk mengajukan beberapa pertanyaan seputar karir psikologi di kepolisian:

    1. apakah dari TNI/POLRI menyediakan beasiswa magister/profesi psikologi bagi lulusan s1 psikologi?
    2. untuk jadi masuk ke Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS)dari jurusan psikologi (khususnya perempuan) apakah ada ketentuan tinggi badan minimal, pak?
    3. lalu untuk penerimaannya sendiri (pendaftaran) biasanya bulan apa ya pak?

    terima kasih,salam,

    diana

  • Unknown says:
    15 Januari 2013 pukul 08.49

    Terima kasih untuk pertanyaan Diana Warastuti, penjelasan yang dapat saya sampaikan :

    1. Khusus di instansi Polri, pada saat sekarang sementara Beasiswa Magister / Profesi Psikologi hanya diberikan bagi S1 Psikologi Anggota Polri lulusan dari Program Ekstensi S1 Psikologi Universitas Indonesia. Mereka diseleksi sebelum melanjutkan menempuh studi di Magister/Profesi Psikologi di UI, UGM atau Unpad. Beberapa sudah menyelesaikannya, sebagian masih menunggu kesempatan untuk mendapatkan Beasiswa tersebut.

    2. Untuk Penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS)dari jurusan psikologi Tahun 2013 saat sekarang belum dibuka, namun sebagai referensi Penerimaan SIPSS Tahun 2012 disyaratkan yang sudah berijazah S2-Profesi Psikologi. Adapun syarat tinggi badan minimal untuk Pria 160 cm dan Wanita 155 cm.

    3. Informasi online dapat dipantau di http://www.penerimaan.polri.go.id
    Twiterr @penerimaanpolri
    Facebook www.facebook.com/penerimaananggotapolri

    Demikian penjelesaan yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas atensinya, dan salam sukses slalu untuk Diana Warastuti.

    Adi Suhariyono

  • Unknown says:
    25 April 2017 pukul 08.03

    Apakah dari jurusan akuntansi bisa?
    Dan apakah ada peluang selain kampus yang bapak sebutkan diatas?
    Terima kasih

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About