Minggu, 11 Desember 2011

KESAN & PESAN DARI TIM GLORIA EDUKASINDO

Dear friends,

Seperti yang sudah kita ketahui, Reuni Perak 86 berjalan dengan baik salah satunya adalah berkat dukungan yang tidak kira-kira besarnya dari tim Gloria Edukasindo (klik disini untuk membaca tentang mereka).

Kita sengaja meminta mereka untuk menulis kesan dan pesan. Semoga apa yang mereka tulis bisa menambah semangat kita untuk mempertahankan silahturahmi yang sudah mulai terjalin kembali. Kita  perlu tau persepsi orang lain di luar 86 sendiri, maka dari itu silahkan membaca kesan dan pesan dari mereka di bawah ini. Kita akan urutkan berdasarkan waktu pengirimannya ya.


FERGI BEATRICE NABABAN

Dalam reuni perak 25 tahun angkatan 1986, yang diselenggarakan 21 Oktober 2011, pada pukul 08.00 di Fakultas Psikologi UGM. Selaku panitia, saya ikut berpartisipasi dalam acara tersebut, mulai dari menyiapkan perlengkapan sampai pelaksanaan acara. Sebelumnya acara tersebut kurang begitu dipublish, sehingga saya maupun teman-teman tidak mengetahui acara tersebut. Kemudian dari cara publikasi yang awal-awalnya kurang mendapat respon dari mahasiswa S1 Psikologi UGM.  Dan menjelang hari pelaksanaan kegiatan ini barulah di publish dengan cara membagikan leflet dan juga informasi acara disebarluaskan melalui facebook.
          Sebenarnya acara tersebut berjalan dengan lancar dan tertib. Mungkin kendalanya pada saat registrasi, karena peserta yang jauh-jauh hari sudah mendaftar ternyata tidak dapat hadir pada acara tersebut, sehingga harus digantikan dengan peserta yang waiting list dan harus mendata ulang lagi nama-nama peserta yang akan mengikuti talkshow tersebut. Serangkaian acara tersebut berjalan dengan lancar dan terlihat mencapai tujuannya, disebabkan karena seusai acara tersebut peserta yang telah mengikuti acara tersebut langsung antusias menanyakan kepada saya tentang magang dan lain-lainnya. Mereka juga memberikan saran, karena acara tersebut berlangsung kurang lama dan informasi yang di dapat kurang begitu banyak.
          Mungkin saran dari saya selaku panitia, sebelum acara diselenggarakan jauh-jauh hari seharusnya dipublish dengan menyebarkan leflet atau brosur, disebabkan karena mahasiswa banyak yang kurang mendapat info secara spesifik mengenai tujuan acara tersebut. Mereka hanya menduga acara tersebut hanya untuk reuni dan pesertanya hanya dari angkatan 1986.

CAHYA NINGSIH

Reuni alumni angkatan’86 akhir Oktober lalu menyisakan kesan kompak, kekeluargaan, dan menyenangkan. Setelah beberapa tahun berkiprah di profesi masing-masing, masih ada ikatan silaturahmi yang kuat di antara para alumni. Kesibukan tidak menghalangi untuk melepas rindu antara satu dan yang lain, terbukti dengan beberapa koper yang dititipkan di belakang meja penerima tamu. Beberapa alumni ada yang baru tiba ke Jogya di hari H karena kesibukan masing-masing. Rasa kagum terselip ketika melihat kesuksesan para alumni, dan sangat berterima kasih mereka mau berbagi, yang mungkin tidak akan didapatkan di tempat lain. Sayangnya, saya hanya sebentar berada di ruang seminar sehingga tidak banyak mendengarkan sharing pengalaman yang menurut saya justru sangat sayang untuk dilewatkan. Tapi satu hal yang saya ingat jelas ketika sempat ngobrol  beberapa saat dengan pak Didit yang mengatakan ketika bekerja kita harus tahu passion kita di mana, sehingga seberat atau sejenuh apapun kita bisa enjoy menjalani pekerjaan. Mudah-mudahan kata-kata ini menjadi penyemangat ketika saya merasa jenuh dengan pekerjaan saya kelak.
          Suasana kekeluargaan makin terlihat ketika berada di wisma UKDW, Kaliurang. Melihat para alumni bernyanyi dan berjoget bersama, membuat saya membayangkan kira-kira seperti apa ketika mereka muda dulu. Satu lagi yang membuat saya merasa bangga, mereka tetap ingin menjaga silaturahmi di antara mereka dan berupaya untuk tetap bisa memberikan sumbangsih bagi adik-adik tingkat di UGM. Memberi inspirasi dan harapan seandainya di masa yang akan datang saya bisa menjadi seperti satu di antara mereka yang ketika sudah sukses masih mau berbagi ilmu dengan yang lain, terutama generasi muda yang masih perlu banyak belajar. Mudah-mudahan ke depan pihak fakultas dan para alumni bisa mengadakan acara seperti ini lagi. Ilmu yang diajarkan di bangku kuliah terkadang menjadi sangat berbeda ketika di lapangan, adanya sharing dari alumni terutama yang sudah berhasil bisa memberi motivasi bagi generasi muda.
          Dari sekian banyak kebanggaan dan kekaguman tersebut,  saya merasa ada satu hal yang sedikit kurang. Ruang yang digunakan untuk seminar terlalu sempit, sehingga tidak cukup menampung banyak orang, akibatnya beberapa peserta harus rela menjadi peserta dalam deretan waiting list. Bahkan para alumni dan beberapa dosen yang ada di bagian belakang harus berdiri. Tapi bagaimanapun hal ini tampaknya tidak mengurangi makna dari acara itu sendiri. Jika di waktu yang akan datang ingin mengadakan acara serupa, mungkin bisa menggunakan ruangan dengan kapasitas yang lebih besar sehingga lebih banyak orang yang datang dan menerima ilmu serta pengalaman yang berharga seperti ini. Door prize berupa magang dan interview menurut saya juga cukup menarik dan positif.  Terkadang ketika akan melalui sesi wawancara kerja dan memasuki dunia kerja tidak sedikit mahasiswa yang masih “buta” dengan hal tersebut. Dengan adanya door prize tersebut diharapkan dapat membuka kesempatan mahasiswa untuk mencicipi serta mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Harapan lain, mudah-mudahan acara seperti ini tidak hanya berhenti pada seminar yang berisi sharing saja, tapi betul-betul bisa membuka relasi bagi mahasiswa supaya pembelajaran yang didapat dari fakultas semakin komplit dan sempurna. Sekali lagi terima kasih untuk kesempatan berbagi ilmunya, mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan. Maju terus Psikologi Angkatan’86.


ENGGAR PUTRI HARJANTI


Kesan
Reuni perak angkatan 86 adalah reuni pertama yang saya tahu, dimana para alumni datang dan memberikan acara yang sangat berguna bagi mahasiswa di kampus. Saya sendiri merasa bahnwa reuni ini mempunyai banyak makna dan pembelajaran. Satu, kedatangan kakak-kakak alumni yang mau berbagi adalah bukti bahwa kami dicintai. Bukti bahwa kampus kami dicintai, dan kita adalah jejaring yang akan saling berhubungan sebagai keluarga. Itu menjadi semnagat bagi saya pribadi karena kepunyaan keluarga di banyak tempat. Dua, reuni ini menjadi kesempatan bagi kami, para mahasiswa yang biasanya hanya dicekoki teori, mengerti tentang sedikit banyak aplikasi yang ada di dunia yang sebenarnya. Mengerti bagaimana menggunakan teori yang sudah di dapat, serta bagaimana malang melintangnya dunia dan persaingan bisnis di perusahaan-perusahaan yang sebelumnya tidak pernah kami bayangkan. Ketiga, reuni ini juga membuka jalan untuk menjalin dan membangun hubungan dengan para alumni, yang merupakan banyak “duta” dari perusahaan dan bisnis yang sebelumnya tidak tersentuh bagi kami, para mahasiswa. Meskipun memang hanya sebentar dan tidak cukup mengenal dekat, tetapi banyak hal yang bisa kami dapatkan dan kami pelajari dari para alumni yang datang ke kampus.
Uraian ini dapat disimpulkan dengan: kedatangan para alumni 86 memberikan inspirasi bagi kami J
Pesan
Saya berharap bahwa ada acara-acara yang sangat berguna seperti ini lagi J. Karena kedatangan alumni adalah jembatan dan jalan bagi kami untuk menuju dunia luar. Dan akan sangat berguna jika ada kesempatan magang, dan link untuk kerja praktek atau kesempatan yang lebih banyak untuk menerapkan teori dan membangun hubungan. Kami akan sangat bersyukur jika kesempatan itu diadakan dengan lebih merata, lebih banyak kesempatan dan lebih banyak mendapatkan.


DONNI HADIWALUYO
(Mahasiswa Magister Sains Psikologi UGM)


Berbeda. Menurut saya, ini kata yang paling tepat untuk menggambarkan reuni Psikologi Angkatan 86 yang saya ikuti kemarin. Kebetulan saya mengikuti proses persiapan reuni ini sejak awal. Dan paling tidak ada 3 hal yang saya lihat dan saya pelajari.
Pertama, reuni biasanya selalu identik dengan kegiatan yang melulu memikirkan masa lalu, bernostalgia,  cerita-cerita tentang dosen-dosen, pacar masa lalu, sahabat masa lalu, dan sebagainya. Reuni ini berbeda. Yang terjadi adalah kumpulan sahabat yang disamping mengenang masa lalu, namun juga memikirkan masa sekarang dan masa depan. Selalu pertanyaannya, apa yang bisa dilakukan angkatan 86 untuk adik-adik kelas kita, apa yang bisa dilakukan untuk teman yang kesusahan, apa yang bisa kita berikan untuk fakultas kita, bagaimana networking yang bisa dibangun angkatan kita, bagaimana meninggalkan legacy yang berarti? Ini sesuatu yang luar biasa menurut saya.
Yang kedua, reuni juga sering identik dengan kegiatan temporary, dadakan, tanpa tujuan dan tindak lanjut yang persiapannya pun asal-asalan. Reuni ini berbeda. Semua dipersiapkan dengan excellent. Materi dan bonus yang diberikan di talkshow pun sangat well-prepared dan berharga. Sebut saja salah satu contohnya adalah data dari Watson-Towers yang diberitahukan kepada mahasiswa.
Semua itu mungkin bisa terjadi karena faktor yang ketiga, yaitu timing yang tepat untuk mengadakan reuni. Usia puncak, karir puncak, maka peran yang dilakukan juga bisa "puncak". Wajar saja jika bisa timbul tagline "the sky is your limit", karena kakak-kakak ini sudah membuktikannya. Akhir kata, singkat saja "reuni itu seharusnya ya begini ini".



SUSETYO ADI NUGROHO
(IT Staff & Multimedia Gloria Edukasindo)


Lain dari yang pernah ada, ya menurut saya reuni perak ini jauh beda dari konsep dan gaya reuni-reuni yang pernah saya alami maupun yang pernah saya dengar. Mungkin karena saya sendiri bukan berlatar belakang psikologi, jadi bukan hal yang biasa ketika melihat hal tersebut, dengan gaya dan tentu saja isi acaranya
Walaupun melihat dari sisi panitia, tapi banyak hal yang bisa jadi nilai lebih dari acara ini, pertama bahwa konsep yang dihadirkan berbeda, tidak sekedar pertemuan antara orang-orang yang lama tidak bertemu, tapi ada maksud dan membawa tujuan bagi orang lain (adik-adik angkatan). Kedua adalah gaya, terlepas dari posisi, jabatan, atau level tiap individunya, para kakak-kakak ini mau berbagi kepada adik-adik nya, dari ilmu sampai hal-hal yang diluar akademis. Reuni tidak hanya menjadi sekedar saat tanya jawab tentang kabar, pekerjaan, keluarga, masa lalu, tetapi menjadi sebuah sajian istimewa untuk orang-orang di sekitarnya, tanpa mengesampingkan tujuan utama reuni.
Saya sendiri secara tidak langsung mendapat banyak wawasan, ilmu , dari sharing mereka yang telah sukses pada bidangnya masing-masing.
Terlepas dari hal-hal detail yang mungkin terlewatkan, acara ini membuat cara pandang tentang reuni menjadi lebih berbeda, yang mungkin saya sendiri belum tentu bisa melakukan hal yang seperti ini.
Buat saya, ini reuni yang berbeda dan luar biasa…..


HENDY KUKUH BASKORO

Kakak-kakak Angkatan 86 mempunyai jejak persahabatan yang erat. Setidaknya itulah kesan yang pertama muncul. Bahkan persiapannya pun, katanya, sudah dimulai sejak setahun yang lalu. Dan muncullah motor-motor penggerak massa 86. Entah bagaimana, “ngumpulke balung pisah” seperti tercermin di acara itu.
86 adalah kode komando yang umum digunakan sebagai tanda “perintah dimengerti” atau “siap laksanakan”. Begitupun ketika promotornya mengonsep acara untuk sharing pengalaman hidup (pekerjaannya) kepada adik-adik yang masih menempuh perkuliahan, dapat dikatakan Angkatan 86 serentak menyahut “86”. Maka terbitlah seminar yang digadang-gadang itu dan menuai sukses karena peserta yang hadir banyak. Komentar mereka pun positif. Reuni “balik kandang dan membesarkan kandang” semacam ini mungkin jarang terjadi. Tidak pelit ilmu hidup adalah kesan kedua yang muncul.
Hari berikutnya melepas rindu dengan suasana kampus biru. Dengan jiwa muda yang membara, perjalanan mengenang masa perkuliahan di Balairung mengesankan manis dan akrabnya kakak-kakak angkatan 86 dengan situasi di sana. Euforia nostalgia itu pun dilanjutkan menuju puncak (dalam arti yang sebenarnya karena kita meluncur ke kaliurang). Di sebuah wisma, kakak-kakak ini ngumpul lagi. Yang luar biasa, mereka ternyata membahas suatu hal yang serius nan menantang. Dan lagi-lagi ini demi perbaikan kesejahteraan bersama. Kesan yang muncul? Suasana yang dibangun terasa santai tapi serius, jek! Sungguh, rasanya kepedulian dan kepekaan menyelimuti hati kakak-kakak angkatan 86.

Terima kasih kakak-kakak telah berbagi pengalaman hidupnya yang sangat hidup karena kakak-kakak sungguh menghidupinya. Semoga rancangan masa depan bersama itu bisa sungguh mewujud nyata. Dan berkunjunglah kembali suatu hari nanti... 


AZIZAH RIDHA
Saya bersemangat begitu menerima tawaran pak Eko menjadi panitia reuni perak Psikologi UGM angk 86. Yang ada di benak saya adalah bertemunya alumni yang kemungkinan besar telah menjadi 'orang penting'... Hari pertama registrasi, masuk sesi acara kemudian esoknya dan esoknya lagi. Jauh dari yang saya perkirakan. Ada kesan yang melekat bahwa pada kenyataannya, bukan sekedar eksistensi siapa dan apa yang telah mereka lewati dan lakukan. Namun, lebih dari itu...ada satu gelombang semangat yang luar biasa yang mereka coba alirkan ke jendela-jendela hati para civitas akademika fak Psikologi UGM. Ada haru yang meluap di benak saya...akankah saya juga mengalaminya?
Salut ut angk 86, bagi saya, hasilnya excellent...!!! Bravo!! Semoga mimpi bisa terwujud...
Ada satu lagi yang ingin saya share, pengalaman magang di Gloria Edukasindo memberi banyak kehidupan dan inspirasi baru buat saya. Gloria Edukasindo adalah ladang ilmu. Magang Gloria Edukasindo adalah magang dalam arti yang real. Saya tidak hanya melihat dan ikut-ikutan bekerja, tetapi saya terlibat di setiap detail proses dari setiap pekerjaan yang mesti saya selesaikan. Satu hal, pak Eko selaku direktur sangat mendorong saya untuk terus melangkah lebih maju dan terus menerus belajar. Bukan hanya tentang pekerjaan, tapi lebih dari itu. Saya belajar juga untuk terampil menghadapi hidup. Terima kasih Gloria Edukasindo...God Bless you... :)


Itulah kesan dan pesan tim yang sangat all out membantu kita kemarin. Terima kasih adik-adik, semoga kerjasama kita terus berlangsung yaaaa.

We luv you guys!



4 Responses to “KESAN & PESAN DARI TIM GLORIA EDUKASINDO”

  • Unknown says:
    12 Desember 2011 pukul 01.01

    ... adik2 di Gloria Edukasindo & sahabat2 semua....

    ... Saya mencermati dengan seksama yang adik2 ungkapkan sbg kesan n pesan atas pelaksanaan Reuni Perak Psi86....
    * Acara tersebut sukses terlaksana juga atas peran serta dan dukungan yang luar bisa dari adik2 di Gloria Edukasindo....kami alumni kembali ke kampus dengan membawa semangat....tapi sungguh passion-nya terlengkapi oleh kecekatan dan ekspresi binar wajah adik2 dari Gloria Edukasindo...sungguh !!..kami dapat “menangkap“nya...meski kami juga tahu persis adik2 sudah lembur dipacu waktu menyiapkan segala pernak-pernik kelengkapan reuni yang demikian banyak dan beragam..

    * Catatan dari adik2 n sahabat2 di atas juga terkandung “feed back“ yang juga memotivasi kami untuk merealisasikan atas rencana2 tindak lanjut pasca reuni....

    Untuk semua itu...saya sebagai salah satu alumni psi86 ...mengucapkan terima kasih se-besar2nya atas partisipasi serta ungkapan pesan n kesan yang sudah disampaikan .... sungguh itu semua sangat berarti bagi kami....

    Trims n salam sukses slalu....

    Medan, 12-12-2011
    adi

  • Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
    Uul (Wulan) says:
    12 Desember 2011 pukul 06.48

    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

  • Uul (Wulan) says:
    12 Desember 2011 pukul 06.51

    Busyet dah baru tanyan beberapa menit tayang/posting langsung disamber Adi. Sambil ronda ya bos? He he he tapi siiip deh. Jadi makin semangat nih update blognya.

    Untuk adik2 yang bantuin kita kemaren. Yaoloh I'm speechless dek. Thank u so much for ur support. Big huge for all of u. Personally I really hope we can work together with u in the future. Once again, thanks yaaaaaaa......

  • D-A-I-S-Y says:
    17 Desember 2011 pukul 09.55

    Hi GE Team,

    Impressive team. All of you are amazing !!!!

    With strong commitment, academic background, knowing your passion and good networking start from your universities neighborhood, I believe you will have a victorious journey.

    Terus berkarya dan tetap kompak yaaa.....gak sabar liat kiprah kalian lagi

    Huggie,

    Daisy

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About